Get Starter

Silakan lihat video di Youtube, untuk melihat daftar isi atau Timestamp pada masing-masing video.

Step 1 – Mulai Installasi #

pada langkah ini Anda akan belajar cara installasi tema Saudagar WP menggunakan fitur Theme Setup sehingga mendapatkan tampilan seperti demo website.

Step 2 – Setting toko Online #

Pada video ini, Anda akan belajar setting toko online mulai dari setting ongkir, setting mata uang yang digunakan, setting email notifikasi, setting metode pembayaran transfer bank dan setting akun pelanggan.

Step 3 -Setting Tampilan Tema #

Pada video ini anda akan belajar mengedit, logo, banner slider, marketplace, social media, dan kebutuhan website yang akan ditampilkan ke pelanggan.

Step 4 – Setting Konfirmasi Pembayaran #

Jika Anda menyediakan metode pembayaran transfer bank, Anda membutuhkan sebuah form konfirmasi. Untuk membuat form konfirmasi pembayaran silakan ikuti tutorial berikut.

Step 5 – Ganti Bahasa ke Bahasa Indonesia #

Secara default WordPress mengunakan bahasa English, untuk mengganti bahasa website ke bahasa Indonesia bisa mengikuti tutorial berikut -> Tutorial ganti bahasa ke bahasa Indonesia

Step 6 – Instal dan Setting Plugin SEO #

Untuk memaksimalkan SEO WordPress Anda, silakan install dan aktifkan plugin Rank Math SEO. Tutorial setting plugin Rank Math Seo bisa dilihat disini.

Selain plugin Rank Math, Anda juga bisa menggunakan plugin SEO lainnya seperti Yoast SEO, All In One SEO atau plugin Simple SEO.

Step 7 – Membuat Produk Pertama #

Setelah melakukan konfigurasi website, sekarang waktunya menambahkan produk pertama. WooCommerce memiliki beberapa jenis tipe produk mulai dari produk simple, produk variasi, dan produk external.

Tutorial input produk bisa Anda lihat disini.

Step 8 – Daftarkan Website Ke Layanan Google #

Pada bagian ini Anda akan mendaftarkan website toko online Anda ke produk Google seperti Google Search Console dan Google Analytics agar website Anda dapat ditemukan dihalaman pencarian Google.

Langkah ini adalah langkah terakhir, Google akan melakukan proses index ke semua bagian website Anda dan menampilkan konten yang tersedia pada halaman pencarian.

Jangan lakukan langkah ini jika:

  1. Website masih dalam pengembangan.
  2. Konten website seperti logo, produk, dan artikel belum diinput.
  3. Konten demo seperti produk dan artikel contoh belum dihapus.

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan plugin Google Site Kit, plugin resmi dari Google yang dikembangkan khusus untuk WordPress.

Tutorial cara instalasi dan konfigurasi plugin Google Site Kit bisa Anda lihat disini.

Anda hanya perlu melakukan konfigurasi Google Search Console dan Google Analytics, sisanya bisa Anda kosongkan saja.

Penting

Pastikan produk, artikel, halaman atau kontent demo yang tidak digunakan telah Anda hapus agar tidak terindek oleh sistem Google.

Yang Sering Ditanyakan #

Kenapa halaman home tidak dapat diedit dengan Elementor?

Secara default Tema tidak menggunakan Elementor untuk halaman home, jika Anda ingin membuat halaman home dengan Elementor silakan ganti halaman “Home” dengan “Home Elementor”, untuk tutorial lengkap klik disini

Kenapa admin dan pelanggan tidak menerima email saat pelanggan checkout?

Email tidak terkirim biasanya hal ini terjadi karena pihak hosting membatasi fitur email yang digunakan. Gunakan protokol SMTP untuk mengatasi hal tersebut, panduan -> klik disini

Kenapa ketika produk diklik halaman tidak mengarah ke detail produk?

Sialakan ganti atau resave permalik dengan cara masuk ke halaman admin -> settings > permalink kemudian save.

Powered by BetterDocs

Leave a Reply